Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Cicipi Lezatnya 6 Kuliner Khas Kuningan Ini ( Bagian 1 )

m4skid - Kuningan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat. Walaupun lokasinya tidak terlalu jauh dari Cirebon, namun berbeda dengan Cirebon yang hawanya panas, Kuningan memiliki hawa yang sejuk. Hawa sejuk Kuningan inilah yang membuat Kuningan sangat potensial untuk menjadi destinasi liburan. Bukan hanya sekedar berwisata sembari menikmati hawa yang sejuk, Kuningan pun memiliki berbagai kuliner lezat yang harus Anda cicipi!
1. Hucap

Hucap adalah singkatan dari tahu kecap. Hucap merupakan kuliner khas Kuningan yang penyajiannya mirip dengan ketoprak atau kupat tahu. Bahan-bahan yang digunakan dalam seporsi hucap antara lain adalah tahu goreng, bumbu kecap, kuah kacang, dan kupat. Hucap yang dinikmati dengan bumbu kacang kental ini memiliki citarasa yang lebih manis dibandingkan kupat tahu karena menggunakan kecap.
2. Nasi Kasreng

Bagi masyarakat Kuningan khususnya yang berada di daerah Luragung, nasi kasreng merupakan salah satu hidangan favorit yang murah meriah. Nasi kasreng ini merupakan nasi yang dibungkus seperti nasi kucing dan disantap dengan aneka lauk-pauk. Lauk pauknya antara lain adalah: goreng ikan paray, pepes ikan paray, sambal, lalapan toge, gorengan, rebon, dan lainnya. Nasi kasreng dapat Anda temui di warung-warung di wilayah Kecamatan Luragung.
3. Sop Buntut Bakar

Sop buntut bakar adalah salah satu kuliner khas Kuningan yang dijamin bakal bikin Klikers ketagihan. Buntut sapi yang telah diolesi mentega dipanggang hingga kecoklatan. Buntut bakar ini lalu disajian dengan kuah kaldu yang gurih. Sangat lezat untuk disantap saat masih hangat. Anda dapat menikmati sop buntut bakar ini di Saung Lesehan Kuningan, Jalan Raya Kuningan – Cirebon, Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana.
4. Katempling

Ketempling adalah camilan khas Kuningan sejenig gemblong yang terbuat dari bahan dasar singkong. Ketempling ini memiliki bentuk bulat kembung dan kosong di bagian tengahnya. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah menjadikan ketempling sebagai teman yang pas untuk menyantap bakso, mie, ataupun soto.
5. Tahu Lamping / Tahu Kopeci

Tahu lamping (atau dikenal juga sebagai tahu kopeci) adalah tahu asli Kuningan. Kuliner khas Kuningan yang satu ini konon lebih lezat daripada tahu sumedang. Tahu lamping ini memiliki bagian dalam yang padat dan halus. Rasanya gurih. Adapun pemberian nama ‘lamping’ ini merujuk pada lokasi awal pembuatan tahu lamping/tahu kopeci, yaitu di lamping (pinggir) Gunung Ciremai.
6. Kwecang

Boleh dibilang kwecang ini adalah bakcang versi Kuningan. Kwecang yang bentuknya mirip bakcang ini terbuat dari beras ketan yang dipadatkan, dicampur dengan air apu, lalu dibungkus dengan daun bambu sehingga aromanya khas. Kwecang ini sangat nikmat untuk disantap bersama ketempling, gemblong, dan keripik khas Kuningan lainnya.
Sumber : Klikhotel